Senin

Masalah Keamanan Android



Setelah sukses merebut perhatian pasar, Android kini dihadapkan dengan tantangan berikutnya. Yakni soal jaminan keamanan. Sejumlah peneliti pun telah menguak celah di sistem operasi mobile besutan Google itu.

Para peneliti yang berhasil membongkar lobang-lobang yang dapat dimanfaatkan penjahat cyber itu adalah Bastian Konings,Jens Nickels, dan Florian Schaub dari University of Ulm, Jerman.

Celah keamanan itu dilaporkan berada pada Android versi 2.3.3 dan terkait autentifikasi ClientLogin yang tidak aman. ClientLogin sendiri digunakan sebagai aplikasi untuk melakukan autentifikasi guna melewati akun dan password via koneksi wireless.

Celah di Android sendiri sejatinya bukan kali ini saja dilaporkan. Riset dari ketiga peneliti asal University of Ulm yang tergelitik untuk mempreteli Android di atas bahkan diakui setelah membaca postingan dari Dan Wallach, dari Princeton's Center for Information Technology Policy.

Postingan Wallach tersebut seraya ingin mewanti-wanti para pengguna Android agar dapat lebih waspada kala berselancar di internet via jaringan Wi-Fi.

Hingga ketiganya sampai pada kesimpulan bahwa Android 2.3.3 memiliki celah untuk bisa disusupi para peretas hingga akhirnya memungkinkan menyusup ke fitur kalender, daftar kontak, hingga privat web album.

Untuk Sementara pengguna disarankan untuk langsung mengupdate perangkat Androidnya ke versi 2.3.4 dan mematikan fitur automatic synchronization ketika terhubung ke jaringan Wi-Fi yang terbuka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ageboy Blog: http://ageboy.blogspot.com/2011/06/cara-membuat-next-page-dengan-angka.html#ixzz26BDBxmvW